Sabtu, 04 Agustus 2012

ramadhan'33 #3

Minggu kedua bulan puasa. Lama sudah saya meng-agendakan buat ngurus segala thethek bengek soal TA. Ambil data. Alurnya, minta surat pengantar dari kampus --> kesbanglinmas DIY --> kesbanglinmas Jateng --> kesbanglinmas Surakarta --> instansi2 terkait. Ribet birokrasi memang. Tapi kalo dinikmatin lumayan ngirit energi juga timbang dibuat ngeluh sama nyumpah-nyumpahin sistem birokrasi yang mirip benang kusut di negara ini.
Lima hari lamanya, agenda ini menguras energi. Lebih tapatnya membebani pikiran sih. Kalo tenaga, 3 hari cukup wara-wiri sana-sini. Senin lalu, saya sudah fiks niat berangkat ke Semarang. Eh, ternyata ngurus di kesbanglinmas DIY nggak bisa sepagi yang saya bayangkan. Jadilah hari senin untuk mengurusi surat di DIY saja.

“Mbak, kalo bisa pake proposal ya mbak biar nanti bisa sekalian 3 bulan, jadi mbak nggak usah perpanjang surat lagi nanti” kata ibu penjaga di bagian ijin penelitian.

“Oh nggih bu” jawab saya datar menutupi kesal dan panik karena saya tidak menyiapkan proposal yang sudah saya buat.

Jadilah draft proposal yang full coretan dari pembimbing, saya jilid instant.

“Ini nggak ada pengesahan dari kampus mbak?” tanya bapak penjaga fotokopi.

“Mm.. nggak ada e Pak”

“Oh boleh to sekarang? Biasanya nggak boleh lho”

“Semoga boleh” saya membatin.

Lanjut menuju ruang ijin penelitian di lantai dua.

“Nah kalo gini kan beres urusan mbak. Besok tinggal ke Semarang ya” jawab ibu penjaga tanpa membuka proposal yang saya buat sedikitpun.

Setelah wara-wiri naik turun fotokopi, beli map, beli amplop, ngantri 10 menit, anter surat ke gubernur, jadilah 3 lembar surat ijin lengkap dengan amplop dari kesbanglinmas DIY!

Semarang. Ah, beranikah sendiri? Sehari semalaman Semarang terus yang saya pikirkan. Takut. Iya, saya takuuuuuuttt sekali. Niat untuk pergi hari selasa belum terlaksana juga. Bukan karena apa-apa. Saya masih nunggu rasa takut saya ilang. Dua hari memikirkan resiko-resiko yang mungkin saya alami saat kesana sendiri dengan tujuan untuk mengurangi takut, ternyata tidak ada hasil sama sekali. Saya masih takut. 
“Kamu sendiri Mur? Emang motor udah beres? Cuma ngandelin surat kehilangan STNK motormu yang udah kadaluarsa. Serius? Kamu pernah kesana emang? Bapak tahu kamu pergi sendiri? Semarang kota industri loh, banyak banget kontainer ntar dijalan” ih. Jadi parno sendiri kalo diingetin.
Searching. Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan. Nihil. Tak ada hasil juga. Saya masih takut. Ngeri membayangkan resiko yang mungkin terjadi yang saya susun sendiri.
Ngajak temen kek! Siapa? Begundal? Saya hampir lupa kalo mereka tidak pernah menganggap saya perempuan. Mana boleh ngrengek minta temenin. Tapi toh saya memang menunggu.

Rabu pagi. Fiks. Harus berangkat tidak boleh ditunda lagi. Udah berani? Belum. Saya masih takut. Tapi ya harus dipaksa. Jadilah jam 7 pagi manasin motor.
Estimasi saya kurang lebih 6 jam sampai, sudah dihitung nyasar, ban bocor, ketilang dan sebagainya. Ternyata 2jam 50menit saja saya sudah tiba di kantor kesbanglinmas Jateng! Pun sudah nyasar 2 kali. Terhitung dari Magelang yang kebablasan, terus salah informasi dari temen, orang berompi orens dipinggir jalan, dan dari bapak berseragam mulus berompi hijau soal alamat kantor. Senang! Yah, saya senang!

“Mbak, bawa fotokopi identias? SIM? KTM? Atau KTP“

“Wah nggak bawa Pak”

“Yaudah mana KTP-nya sini saya kopikan”

Hah? Saya terbengong.
Beres. Dua lembar surat ijin beserta amplop surat surat ditangan. 20 menit saya selesai mengurusnya.

“Mbaknya laju? Langsung pulang?”

“Iya Pak, dari Jogja langsung. Ini mau pulang” jawab saya nyengir

“Mbok main-main dulu disini?”

Saya nyengir lagi.
Fiuh. 10 menit cuci muka, ke kamar mandi yang wangi dan bersih disana. Kemudian duduk sebentar di kursi empuk di dekat pintu keluar.
Pulang. Tak ada tujuan lain. Sekitar jam 11 pulang. Jam 2 kurang dikit sudah kembali di jogja. Alhamdulillah! Resiko yang sudah saya susun selama dua hari tidak terbukti. Saya pikir, saya memang lebay soal ini.

Dan akhirnya saya bisa bilang kalo Semarang panas banget! Gedeeee bener kotanya. Orang2nya welcome. Dari pak polisi, penjaga SPBU, penjaga parkir, penjaga konter, tukang bengkel, sampai pegawai pemerintah. Semuanya memberikan kesan positif selama perjalanan saya disana. Dan soal kontainernya emang bener. Banyaaaaakkkk banget. Susah disalib saking gede-gedenya. Terus jalanannya naik turun. Asik deh, semriwing banget. Hasilnya, lampu belakang motor mati sama kampas remnya habis. 
Hal lain yang bisa saya bilang setelahnya, proposal ternyata sebatas formalitas! Padahal saya revisi proposal ini empat kali loh! Sama bonus sindiran dari pembimbing
“Kamu kan membawa universitas besar mbak, jadi kalo proposalnya nggak bagus dibaca sama orang-orang luar, kan nanti malu-maluin UGM”
Baiklah, dari sini saya belajar do the best sih. Mau formalitas, mau enggak, mau diliat apa enggak, mau dinilai apa enggak. Tetep kudu melakukan yang terbaik.

Eh tinggal ke Solo nih, Jumat kayaknya bagus buat ke Solo. Dan kayaknya Anita mau nemenin. Solo si kedengerannya lebih humanis. Lihat saja nanti^^

8 komentar:

  1. aku ndak mau nek disuruh ke semarang ataupun ke Solo.(SENDIRI, bayanganku nggak se-semriwing yang kamu bilang Mur.. :(

    BalasHapus
  2. aku sedih kamu harus berangkat sendiri mur. aku kayak udah gak ada artinya lagi buat kamu. :((

    BalasHapus
  3. Halaahh.. Mira lebay ding.. kebiasaan njadul.. taraweh dulu kakak... :)

    BalasHapus