Minggu, 22 Juli 2012

ramadhan'33 #1

Nggak kerasa ini udah bulan ramadhan keempat saya di kota rantau, jokja. Tahun ini jadi ramadhan yang bakalan beda. Sendiri. Kalau tahun-tahun sebelumnya saya masih di asrama berikut suasana yang rame maksimal, sekarang saya tinggal sendiri. Lumayan aneh. Sahurnya dibangunin sama alarm HP, passion buat masak jadi lumayan gede. Dulu godaan terbesarnya ngerumpi sampe sahur, sekarang TV jadi setan utama. Dulu taraweh di masjid itu-itu aja, sekarang saya wara-wiri ke masjid mana aja. Tapi poin positif kalo sendiri itu bisa maksimalin ibadahnya lho ternyata. Biarpun tilawahnya di depan TV. Ups!

Hari pertama puasa kemaren ketemu murabbi, eh langsung ditodong satu menit menulis target selama ramadhan. Wah bener-bener kamu mbak. Ada minimal 5 target yang harus ditulis dalam satu menit itu. Saya menulis 8 target. Ah ternyata menulis target itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Takut nggak kesampaian.
Target yang udah banget-banget biasa adalah khatam 30 juz sama rutin Qiyamul lail. Yang lain, berhubung setoran hafalan saya paling minimal kemaren, saya menargetkan hafalan 3 surat dalam sebulan. Ah, padahal tadinya mau 5, apalagi sudah dipatok sebelum wisuda harus sudah hafal juz 30, tapi berhubung ngerjain TA juga, jadi saya ambil 3 aja deh. Hehe. 
Itu adalah satu lagi perbedaan ramadhan saya di tahun ini. Jadi intinya sekarang saya harus bener-bener ngelonggarin pedal rem buat kebut lewatin jalanan. Kalo enggak, saya bakalan ketinggalan terus. 

Malu juga sih, pas dapet materi soal ramadhan kemaren. Ada tiga jenis manusia dalam menyambut bulan ramadhan, pertama dia sambut dengan suka cita dan bersedih kala ramdhan hendak berlalu, kedua adalah manusia yang biasa-biasa saja dalam menyambutnya. istilahnya mau ramadhan apa enggak itu nggak ada bedanya, terus yang ketiga malah sedih kalau bulan ramadhan dateng.
Masuk golongan manusia mana nih kita? Kalo kata acara chatting YM (Yusuf Mansyur), beliau bilang, manusia itu suka luput untuk mensyukuri 2 nikmat, pertama soal kesehatan, yang kedua soal kesempatan. 
Saya pikir momen bulan istimewa ini adalah kesempatan besar untuk mensyukuri kedua nikmat tersebut. Kesempatan luar biasa besar untuk mengambil sebanyak-banyaknya pahala yang Allah tawarkan, sama jaga kesehatan dengan rutin sahur bagi yang punya sakit magh *curhat.

Eh Wiwi udah dateng, hmm.. waktunya belajar masak :D

2 komentar: