Minggu, 15 April 2012

kejayaan putih abu-abu

              Dulu saya sering ngebayangin apa jadinya kalo saya harus jauh dan punya lingkungan serba baru tanpa mereka, temen-temen saya yang ajib, temen SMA yang mulai jadi keluarga sejak di XI IA 2 dulu. Tapi toh nyatanya sekarang fine-fine aja hampir 3 tahun kepisah, sesekali aja bisa ngumpul.
Hey kalian, apa kabar? saya udah lama pengen nulis ini buat ngingetin segala macam keamburadulan SMA. Kata orang si masa ababil dan jahiliyah itu di SMA. Kalo denger itu, saya cuma bisa bilang, Oh ya? Mungkin. Karena kalo saya menelusuri lagi jaman-jaman itu, memang ternyata ada banyak petunjuk yang mengarah kesana si.
         Dimulai dari pengambilan nama kelas misalnya. Kelas XI IA 2 = Secan Baston. Kedengerannya non sense banget kan! Haha. Yang artinya "Sebelah Kantin Mbak Bas dan Bu Tono". Mentang-mentang kelasnya di sebelah kantin. Padahal dulu seinget saya, pilihan namanya banyak dan keren-keren. Tapi berhubung masyarakat XI IA 2 emang ajaib dan kurang sedikit matang, makanya kita sepakat banget buat ngasih nama itu. Terus kelas XII nya masih dengan penghuni yang sama nih cuma beda lokasi doang, nama kelas agak naik derajad. Secan Phyton. "Sebelah Kandang Pit dan Motor". Hahaha. Jeneng opo kui..
 Tapi berkat keseriusan kita dalam menghayati peran sebagai siswa siswi yang baik hatinya, luhur budi pekertinya, dan belum sempurna jiwanya (apasih!). Akhirnya tidak ada sama sekali tudingan-tudingan miring yang dihunuskan pada kita terkait dengan nama itu.
         Itu baru nama kelas, yang lain? hmmm..kali ini saya cuma nonton. Cak-cak an! Games yang sering dimainin sama anak usia 6 tahun ini suka dimainin di tengah-tengah lapangan hijau subur SMANDA. Pemainnya? yah para Secan Baston. Yaudah deh, langsung jadi tontonan gratis seantero sekolah. Ini kelas IA macam apa coba???? Saya membatin untuk mengartikan raut wajah masyarakat sekolah yang menyaksikan games seru ini.
Kalo soal kekompakan memang sama sekali nggak ada yang meragukan kelas kita. Semua guru tahu itu. Kompak dalam kebajikan, kejahatan, kejahilan, dan mungkin kebodohan. Yongkru, kita sekelas pernah dengan sempurna mendapat nilai 0 pada mata pelajaran matematika. Nggak tau kita yag saking nggak ngertinya sama materi atau guru besar matematika yang lagi sensi buat gasih nile, entahlah. Cuma wajah innocent yang bisa kita tunjukkan waktu itu.
             Lain lagi soal persiapan ulangan. Rebutan bangku pagi-pagi buta, sibuk sana sini cari bocoran kelas sebelah, atau bikin contekan. Ya ampuuuun. Jadi inget sama ulangan fisika yang notabene paling khas. Ckck. Kita punya guru fisika yang sulit ditebak raut wajah dan soal ulangannya. Asal modal pulpen banyak aja, insyaallah mah bakalan lolos batas tuntas. Soalnya beliau ini suka ngasih nile bagus asal lembar jawabnya penuh sama tulisan. Padahal mung maksimalin ngisi rumus-rumus sepanjang masa, yang entah darimana bisa disangkut-sangkutin sama soal ulangannya.
Ada lagi ulangan bahasa inggris. Jadi beliau guru bahasa inggris ini suka ninggalin kelas pas ulangan, walhasil sekelas pada ribut deh saling tukeran lembar jawaban buat ngisiin kalimat “basmalah, nyontek berapa”. Bapak guru ini cuma mempercayakan pada tingkat keimanan murid buat ngasih nile ulangannya. Sesuatu banget kalo inget hal ini.
             Maksimalnya jadwal akademik yang mewajibkan kami para murid buat sekolah saben hari membuat banyak hal tak terkira terjadi di sekolah. Dari mulai makan, tidur, selonjoran, mainan, sampai jahat-jahatan bisa kita lakoni kapan saja di sekolah. Hihi. Jadi inget jaman childish dulu, kita suka ngomongin temen-temen sendiri di belakang. Padahal cuma urusan sepele, belum lagi yang sewot-sewotan secara terang-terangan. Ckck. Pengen ngguyu nek kelingan yakin
             Nah, pas kita jadi anak sulung sekolah, alias kelas XII, dengan penghuni yang sama, tapi tentu dengan fenomena yang berbeda. Berhubung jadi anak sulung, langsung deh berasa berkuasa, jadi alim, jadi anak manis dan semakin nakal (ups!). Tapi yang saya inget banget dulu itu, pas kelas tiga langsung pada alim2. Duha bareng-bareng, ngingetin buat puasa senin kamis, yang dulu kantin full tiba-tiba langsung perpus yang full. Mentang-mentang mau ujian. Padahal ya saya juga! Haha.
Itu baru urusan di sekolah, nah sepulangnya yang biasanya nongkrongin sekolah, main kemana aja, bawaannya dompet sama sisir (ha!), eh langsung deh ganti bawaannya jadi pulpen sama buku kemana-kemana. Belum lagi les sana sini buat nambah ilmu yang dijabanin sampe malem juga. Hebat yah!? Wkwkwk. Dasar demam ujian nih emang. Jadi inget pas dulu les fisika malem-malem, sampe helmnya Venti ilang. Inget nggak Vent, Nis, Ta, Mbak, Bit?? Tapi terbayar kan Vent sekarang?
Kalau sorenya les bahasa inggris di tempet yang keren banget. Saya nggak bakal deh nglupain jasa-jasa alm. Pak Hoho yang sering menginspirasi buat kesuksesan kedepannya. Inget nggak kalian? Anis, Prita, MbakNur, Venti, Bibit, Evi, Imron, Sonep, Catur dan Haryadi? Alm. Pak Hoho pernah nyuruh kita jadi koruptor kan saking beliaunya jengah lihat korupsi di Indonesia. Tapi beliau mau bikin kita pinter dulu biar nggak ketahuan korupsinya ntar. Haha.
            And finally, kita semua bisa ngadepin UAN yang menegangkan itu. Mulai dari dulu kita mencetuskan doa bersama satu kelas sampe malem di mushola, keliling kelas X, XI, ruang guru buat minta restu sebelum ujian. Itu kelas kita kan yah pencetus pertamanya? Hebat ya Secan Phyton! Hehe. 
Sampai akhirnya kita bisa muter-muter lapangan sujud di rumput dan pojok kelas pas kelas kita dinyatakan 100 persen lulus semua! Tangisan dan teriakan itu masih saya inget bener! Dan perayaannya? Bikin heboh-hebohan deh buat jeprat jepret album kenangan sama wisuda kelulusan.
 
 
 
 
      wisuda Secan Phyton
                Tapi ternyata dinyatakan lulus itu belum sempurna membuat hati lapang yah, kita masih berjuang terus ngumpulin arah tujuan masing-masing yang masih berserakan dimana-mana. Habis lulus mau kuliah dimana? Gimana soal mimpi kita? Kita sudah kepisah jauh oleh jarak karena perbedaan arah kayuhan mimpi-mimpi kita. Tapi persaudaraan tidak butuh perjanjian untuk tetap saling mengingat satu sama lain kan? Karena kita saudara, pasti saling mengingat.
Semoga kita bisa terus dipertemukan dalam perjalanan kita masing-masing menjadi orang besar, saat menjadi orang besar dan setelahnya. Semoga.

1 komentar: